Senin, 12 Mei 2008

E-COMMERCE

EXAMINATION OF INFOMEDIARY ROLES IN B2C E-COMMERCE

Suatu fenomena yang sangat penting yang telah terjadi, terima kasih kepada Internet, adalah pengunaan media informasi dalam pasar elektronik B2B dan B2C. Penggunaan media informasi dalam model bisnis penting diadopsi oleh organisasi dalam merespon peningkatan yang sangat besar dari jumlah informasi yang tersedia dan peraturan penting dari informasi dalam memungkinkan adanya e-commerce.
  • Infomediaris mencocokkan kebutuhan konsumen dengan produk supplier dan memfasilitasi transaksinya. Fungsi infomediaris dibagi kedalam tiga peran :
    • Discovery (penemuan)
    • Facilitation (memfasilitasi)
    • Support (pendukung)
  • Customer service life cycle framework (CSLC) memperkenalkan perbedaan pengambilan keputusan pelanggan mengenai tingkatan proses. CSLC mencakup empat tingkatan :
    • Requirement : pelanggan menetapkan kebutuhan terhadap produk, dan menentukan karakteristik produk
    • Acquasition : memberikan sumber, pemesanan, pembayaran, menghasilkan, dan pemasangan produk
    • Ownership : pelanggan menggunakan produknya dan mengupgrade dan atau memperbaikinya bila perlu
    • Retirement : pelanggan mengembalikan atau menjual produk dan mencari diskon dan mengamati pengeluaran yang berhubungan dengan produk
Pasar elektronik diartikan sebagai sistem informasi dalam organisasi yang memfasilitasi pertukaran informasi menganai harga dan produk yang ditawarkan antara pembeli dan penjual yang berpartisipasi dalam pasar.

Contohnya : sistem pemesanan tiket pesawat seperti SABRE dan APOLLO, Sistem American Gem Market dalam industri batu berharga, TELCOT dalam indsutri katun. Sekarang amazon.com dan eBay.com menjadi yang paling terkenal

Seperti yang telah diketahui fungsi e-commerce berdasarkan infomediarisnya adalah discovery, facilitation, dan support. Berdasarkan klasifikasi di atas kita membedakan fungsi infomediaris sebagai berikut :
  • Discovery
    • Mencari dan mencocokan
    • Menandai pembuat pasar
    • Penelitian pelanggan
    • Periklanan
  • Facilitation
    • Pembiasaan
    • Memfasilitasi
    • Keahlian
    • Pengantaran
  • Support
    • Kemampuan e-commerce
    • Logistik
    • Pelayanan keuangan
Berdasarkan latar belakang industri dan tingkat kedewasaannya, kita mengikuti hipotesis berikut :
  • H1 : Infomesiaris dalam perjalanan industri akan menunjukkan integrasi tertinggi dan level pengalaman dibandingkan dengan eceran dan industri
  • H2 : Seluruh industri akan terasosiasi dengan level tertinggi dari peran discovery dibandingkan peran lainnya
  • H3 : Peran fasilitasi infomediaris akan lebih tinggi dalam industri travel dan eceran dibandingkan industri mobil
  • H4 : Peran pendukung dari infomediaris akan lebih tinggi dalam industri travel dan eceran dibandingkan industri mobil

Tidak ada komentar: