Selasa, 13 Mei 2008

Knowledge Management

KM adalah suatu cara pemindahan data baik itu data tulisan maupun data dalam otak seseorang kedalam sistem informasi dengan acuan agar dapat lebih mudah dipahami dan di aksess bila diperlukan. salah satu cara nya dengan pendigitalan data.

Tujuan Knowledge Management
  • Menciptakan tempat penyimpanan pengetahuan yang merupakan nilai tambah berdasarkan atas pengolahan tambahan untuk komsumsi bagi aplikasi tertentu.
  • Memudahkan akses pengetahuan bagi seluruh individu untuk memenuhi pengambilan keputusan dalam tugas spesifik dalam daerah tertentu.
  • Meningkatkan lingkungan kreasi pengetahuan dengan cara belajar hati-hati dan meningkatkan proses kreasi pengetahuan.
  • Mengolah pengetahuan sebagai suatu aset dan mengaturnya pada nilai yang sama dengan aset organisasi lain menggunakan strategi investasi, divestasi dan strategi mempengaruhi.
Proses Knowledge Management
  1. Mencari pengetahuan: menemukan pengetahuan yang ada, memahami kebutuhan, mencari dari berbagai sumber
  2. Kreasi pengetahuan:melakukan riset, menulis buku, membuat film, dsb
  3. Pengemasan: menerbitkan, mengedit dan disain kerja
  4. Menerapkan dan menggunakan pengetahuan yang ada: mengaudit, diagnosa
  5. Menggunakan kembali pengetahuan untuk tujuan yang baru: mempengaruhi proses pengembangan produk dan menggunakan software
Tantangan Knowledge Management
  • Kota intelektual: mengatur pengetahuan diam-diam tidaklah gampang. Sebab kita tidak tahu apa yang ada dlm pikiran manusia. Tidak mungkin mendokumentasikan pengetahuan diam-diam.
  • Kultur: oleh karena kepicikan atau kegelisahan orang-orang yang tidak ingin berbagi pengetahuan mereka; beberapa orang tidak ingin bertentangan dan bersifat netral.
  • Keusangan: ada jenis informasi yang cepat usang.
  • Kelebihan muatan: informasi tidak dapat dikumpulkan, kesulitan untuk mengidentisifikasikan yang bermanfaat dari informasi tersebut.
  • Teknologi: dalam kaitan cepatnya teknologi berubah, sukar untuk mengkomunikasikan pengetahuan kepada konsumen karena teknologi membantu knowledge management secara luas.
  • Struktur: struktur knowledge management perlu menunjukkan keseluruhan ekonomi.
Kelemahan KM
  • Berorientasi pada aktivitas daerah tertentu
  • Kekuatan fokus pada solusi teknologi
  • Tergantung kreasi pada regu realisasi ketika implementasi sedang dalam proses.
  • Tergantung kreasi strategi pengetahuan sebelum analisa dinyatakan.
  • Ketergantungan pada proyek percobaan dan sebagai akibat dari minat departemen lain berdasarkan hasil yang diperoleh.
  • Tantangan bekerja secara langsung dengan pengetahuan sebagai ganti sumber daya atau aset pengetahuan.
Kekuatan KM
  • Kebebasan pada cabang industri seperti telekomunikasi, otomotif, dsb.
  • Keseimbangan perspektif KM tunggal.
  • Perhatian membayar pada organisasi kultur.
  • Kemungkinan melalukan penyesuaian metodologi menurut kebutuhan organisasi.
  • Persepsi aspek ekonomi dari implementasi KM seperti utilisasi investasi yang ada.
  • Perhatian membayar faktor manusia.
  • Penekanan kebutuhan dari lanjutan KM.
  • Hubungan antara KM dengan strategi bisnis

Tidak ada komentar: